Jumat, 24 Maret 2017

Lengkap Sudah, Facebook Juga Punya Fitur Stories ala Snapchat

Facebook secara terang-terangan dan terus-menerus meniru fitur Snapchat Stories. Setelah mengadopsinya pada aplikasi di Instagram, WhatsApp, dan Messenger, sekarang giliran aplikasi Facebook lah yang kedatangan Stories.
Fitur Facebook Stories saat ini sedang diuji Facebook ke sejumlah pengguna, dan salah satu yang menerimanya adalah Eunike Kartini, seorang manajer produk kumparan (kumparan.com).
Di mana letak Facebook Stories berada? Dari screenshot yang diungkap Eunike ke Social Media, terlihat posisi Facebook Stories berada di atas kolom status. Iya, di atas kolom yang bertuliskan, "Apa yang Anda pikirkan?"
Pengguna Facebook Stories juga bisa berkreasi menambahkan gambar atau teks pada foto-video yang mereka unggah di fitur ini. Lengkap sudah Facebook mencontek habis Snapchat Stories pada semua aplikasi media sosial dan pesan instan andalannya. Instagram Stories, WhatsApp Status, Messenger Day, dan kini Facebook Stories. Jika dilihat dari sejarah, Facebook memang pernah sangat menginginkan Snapchat, ketika perusahaan itu masih seumur jagung. Tetapi sang pendiri sekaligus CEO Snapchat, Evan Spiegel, menolak tawaran akuisisi Facebook di sekitar tahun 2013.
Keberanian Facebook mengadopsi fitur Snapchat pertama kali dilakukan di Instagram Stories pada Agustus 2016. Snapchat kembali mendapat pukulan dari geng Facebook menjelang hari penjualan umum saham perdana (initial public offering/IPO) di awal Maret 2017, dengan pengumuman fitur baru WhatsApp Status yang juga mirip Snapchat Stories.
Beberapa orang berpikir ini adalah aksi balas dendam geng Facebook terhadap Spiegel dan kawan-kawan yang dahulu menolak tawaran akuisisi. Tetapi sesungguhnya, ini adalah serangan total Facebook untuk membunuh Snapchat, yang dilakukan secara masif dan kompak.

0 komentar:

Posting Komentar